When Presentation

Posted by: wiwiekd07  :  Category: Academic, Lecture, Social

Bismillah

pukul 16.00 sore tadi ada kuliah negosiasi dan advokasi bisnis..
dosennya….uh… mantep bgt,
namanya pak arief karyadi.
masih muda dan belum menikah..
semangat bgt ngajarnya:)
ga ada tuh rasa kantuk sedikitpun,
kuliah ini membahas tentang presentasi bisnis.
ada yang tau ga…
apa itu presentasi bisnis???
adalah 3 orang yg jawab….ini-itu..ini-itu…ini-itu.. hampir mendekati jawaban sebenernya.
presentasi bisnis itu adalah bentuk komunikasi lisan yang direncanakan secara cermat,
untuk penjualan gagasan, produk atau jasa pada seseorang atau pengambilan keputusan.
khalayak terbatas dan homogen, ada multimedia, lingkungan bisnis, komunikasi verbal interaktif, orientasi proposal, pesan dapat diuji.
menurut temen-temen penyiar itu bisa dikategorikan sebagai presentasi ga?
usut punya usut,,,
jawabannya iya loh…karena presentasi itu tidak harus tatap muka
kalo pidato?
ya…………….bukan termasuk presentasi,
karena khalayaknya tidak terbatas dan heterogen, multimedia terbatas, lingkungan bervariasi, komunikasi verbal kurang interaktif, tujuan bervariasi,kurang kritis, pesan tidak diuji..

sebelum presentasi nih…
kita kudu wajib
-persiapan
-tetapkan tujuan presentasi
-analisis peserta yg hadir
-seleksi dan susun materi
-kuasai materi
-analisis lingkungan atau kondisi
-kuasai alat bantu
-latihan bro…sis… coz…praktik make perfect!
-evaluasi

what’s in if for me?
1.kenali pendengar dong,
akanĀ  muncul pertanyaan dibenak pendengar,
apa sih yg saya dapet saat kamu presentasi???
manfaatnya apa?
2.pelajari sikap mereka!
apakah mereka berada dipihak kamu atau nggak?
apa mereka paham dgn apa yg kamu jelasin?
berapa lama mereka ingin kamu bicara?
3.ukur keefektifan presentasi kamu!
raut wajah audiens itu paham atau bingung??
mereka merhatiin atau ngantuk??
mengangguk atau geleng-geleng?

Don’t do it!
-bergumam……..istilah kerennya…mumble
-jgn bicara pada papan tulis
-jgn minta maaf terus menerus,,,,,,,,,,heheh kaya mpok minah aje dibajai bajuri
-jgn baca script, eye kontak itu perlu loh… ga enak juga kan ngeliat presentator kita baca catetan, or nunduk ke bawah aje pas lg presentasi
-jgn duduk ketika presentasi
-jgn bicara monoton, NGANTUK TAU!
-jaga perilaku, masa mau presentasi naro tangan dipinggang (sombong tuh!), main tunjuk sana-sini, tumpang kaki… ga bgt deh!
-jgn kebanyakan…………….ummmmmm…… atau eeeeeeuuuuuuuu….
-jgn mendiskusikan bahan yg tidak dipahami.

cara memperoleh perhatian pendengar itu banyak bgt, contohnya aja::
-humor(jgn garing juga………bikin males ngedengerinnya)
-cerita dulu..
-edarkan sample
-ajuin pertanyaan
-kemukakan hal statistik yg mencengangkan
-diam
-mengubah intonasi
-gunain tuh papan tulis buat ngejelasin sesuatu.
evaluasi itu penting!
harus tau dimana kelemahan dan kelebihan kita?
slide keberapa yg belum terkuasai?
penyebaba gagal dan berhasil itu bagaimana?

saat sesi tanya-jawab…
-kalo kamu ga bisa jawab pertanyaan, ada baiknya melemparkan pertanyaan pada audiens…heheh
-ulangi pertanyaan si penanya, biar semua audiens itu denger, komunikasinya jgn hanya satu arah
-potong penanya yg suka maparin ilmunya dulu,langsung ke inti… to the point aje!
coz terkadang mereka nguji kita, sejauh mana wawasan kamu?
-hindari debat kusir
-pertanyaan yg spesifik alias ga penting…ditunda aja,,,

kamu suka demam panggung??
-obatnya itu…tarik nafas dalam-dalam….
-latihan, kuasai materi
biasanya sih…siapa yg nyiapin materi….siapa yg presentasi…..???nggak sinkron gitu…
belajarlah untuk jadi presentator yg baik.
-pikir positif
-bayangkan kesuksesan

orang efektif ngedengerin kita itu 2-3 menit.. selebihnya…wallahualam…
mungkin saja saat kita presentasi…
si pendengar sibuk update status fb, ketak-ketik hp, nyuekin kita, ribut, dan ngantuk.
nyebelin bgt kan???
nah, kuliah ini tuh bisa jadi bahan acuan..
gimana sih cara presentasi yg baik?
kamu itu dimata audiens menarik atau nggak?
diperhatikan atau nggak?
dimengerti atau nggak?
seneng bgt bisa dapet materi ini^^
semoga bermanfaat buat kamu-kamu yg akan presentasi.

wie_ilkom44@yahoo.com
21.00 WIB, 1 maret 2010

Computer Science

Bogor Agricultural University

Leave a Reply