Tanam 1400 pohon mangrove

Posted by: wiwiekd07  :  Category: Academic

Bismillah,
sabtu pagi skitar jam 7,saya siap untuk berangkat ke pantai song menggunakan pakaian resmi batik, rok item, kerudung kuning, dan almamater ipb (cantik,tp sepertinya salah kostum,hhihi)
papah n mamah mulai ngomel2…
Berkomentar ini-itu tentang pakaian yg saya kenakan,.
(dalam hati menggerutu)
ih kan acaranya resmi, ada kepala departemen kelautan, kehutanan, kelompok tani… Wajar atuh kalo pakaiannya seperti ini,,,
mereka tetep kukuh dengan pendapatnyah, dari pada ga dikasih izin pergi, mending ganti baju ajah..
Kaos coklat+training+kerudung+almamater+sendal…
(gak bgt deh ngeliatnyah dicermin, kurang gmn gtu…)
“nah, kalo gtu kan cocok buat nanem2 pohon”kata papah…
***
beberapa menit kemudian, ada angkatan 46 yg jemput, rezeki naik motor gratis. saya juga kan tidak tau tempatnyah^^
***
kumpul dulu ditempat pelelangan ikan,,
wuih… Temen2 jg berpakaian sama ternyata… seperti yg saya kenakan (ada untungnya jg ganti baju, makasih ya mah pah..hehe)
ikan2 yg ada dsana..
Sumpah gede2 bgt…
Takjub ngliatnya..
Pas dtanya apa nama ikan itu ke ibu2 n bpk2 yg lg milih2 tuh ikan, trnyata masih nggunain nama lokal bukan nama indonesia…(lupa, ikan apa yah namanya)
***
setelah puas liat sana sini, dan teman2 omda ikada pun telah brkumpul, kami bergerak menuju pantai song indah…
***
kepala departemen kelautan,perikanan,beserta asisten telah datang, tak ketinggalan kelompok tanipun sudah bersiap2…
Eits, tp masih ada yg kurang…kata bpk kepala departemen…
“mana yg mau ngliput kita”ujarnya…
(gubrak…)
ternyata bapak ini ingin terkenal, hahaha
mau ga mau… (sebenernya mau bgt saya jg diliput stasiun tv,haghag)
akhirnya aku nelpon 4 stasiun TV, yaitu Metro TV, Diantv (lokal indramayu), TVRI, SCTV..
Dari ke empat stasiun tv itu yg bs hadir hanya Diantv…
Yah,gak papalah.. Lumayan masuk tipi.. Ehehehe..(emak, aye masuk tipi)
setelah kru DianTV dateng, kami menuju tempat penanam yg lokasinya dipesisir pantai song menggunakan perahu yg telah disediakan…
Eh..eh..tau nggak? Ada temen saya yg mabok laut…hihi kocak bgt dah.. Ekspresinya itu..
***
sesampainya ditepian pantai..
Ada arahan dari kepala departemen, dan kelompok tani.
-manfaat penanaman mangrove
-cara tanam yg baik dan benar
-dll
ada sesi wawancara jg dari diantv, tayangnya hari sabtu jam 14.30, 18.30, dan 21.30…
3kali dalam sehari, (udah kaya minum obat)
aksi penanamanpun dimulai..
Dengan diawali bismillah..
-gali lubang(pake cangkul tentunya)
-siapkan tanaman mangrove
-buka plastik polibag pada akar mangrove
-masukan dalam lubang yg telah digali
-tutup lubang
-tancepin kayu yg tingginya melebihi pohon mangrove, ikat dng tali rapia, guna menopang pohon mangrove agar tegak berdiri.
-setelah penanaman selesai, pindah ke lahan yg telah ditanami pohon mangrove pd taun 2008 untuk melakukan penyulaman, pohon yg mati diganti dng pohon yg baru dan masih segar (alias yg ada daunnya hehe..)
-canda tawa disela2 penanaman baik untuk pertumbuhan tanaman ini:)
-cuaca mendung mendukung aksi ini (karena kita gak kepanasan dan berkeringat ketika menanam 1400 pohon)
-selesai pd pukul 12.30
-dilanjutkan dng makan siang dan solat dzuhur…
SDM yg tersedia untuk penanaman 1400 pohon mangrove sekitar 35orang. 20orang mahasiswa ipb yg berasal dari indramayu dan tergabung dalam omda ikada, sisanya adalah bapak2 kepala departemen serta kelompok tani..
Sangat menyenangkan!
Ayo selamatkan bumi kita.
Talk less do more^^

salam hangat,
ibu negara
(wiwiek dewi anggraeni)

Leave a Reply